Minggu, 19 Mei 2024

Breaking News

  • Peringatan HUT ke-44 Perpusnas RI, Siak Terima Bantuan Satu Unit Mobil Perpustakaan Keliling   ●   
  • *TERKAIT KONFLIK LAHAN PT. RPI Vs WARGA, FORKOPIMCAM KELAYANG RDP, DETEKSI DINI*   ●   
  • Maju Pilkada Meranti 2024, MK Ingin Tingkatkan Pembangunan di Bidang Ekonomi dan Infrastruktur   ●   
  • KOMPOL. SUTARJA. SH KAPOLSEK KHS, JADI IRUP HARDIKNAS MEMASUKI AKHIR JABATAN   ●   
  • KOMPOL. SUTARJA. SH KAPOLSEK KHS, AGAR WARGA PENERIMA BLT GUNAKAN DANA SESUAI KEBUTUHAN PRIMER   ●   
PON XIX DI JABAR
Pemprov Riau Tingkatkan Mutu Olahraga Menuju PON XIX 2016
Jumat 30 September 2016, 23:50 WIB
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyerahkan Bendera PON Riau pada acara pelapasan kontingan PON Riau di halaman Kantor Gubernur Riau, Jumat (9/9/16).
ADVETORIAL
PEKANBARU. Riaumadani. com
  - 
Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke XVIII tahun 2012 merupakan tonggak sejarah kebangkitan olah raga di Bumi Melayu Lancang Kuning dimana Riau sebagai tuan rumah, berhasil masuk dalam urutan keenam peraih medali terbanyak dari 33 provinsi peserta se-Indonesia dengan merebut 43 medali emas, 39 perak, dan 51 perunggu.

Tahun 2016 ini ''Genderang perang" PON sudah mulai ditabuh, di mana kali ini dipusatkan di Provinsi Jawa Barat, bagi Provinsi Riau iven olahraga tingkat nasional kali ini merupakan sebuah pertaruhan yang amat berharga.

Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016 menjadi momen spesial bagi para atlet Riau untuk membuktikan bahwa putra putri Riau bukan jago Kandang.

Untuk pembinaan di  bidang olah raga Pemerintah Provinsi Riau berupaya untuk memacu semangat putra-putri Riau agar dapat tampil maksimal sesuai dengan cabang olah raga yang digeluti mereka. Pemprov Riau untuk memberi spirit dan memompa semangat bagi atlet untuk mewujudkan mimpi mereka keluar sebagai yang terbaik dan mengharumkan nama daerah di kancah nasional.

Salah satu upaya yang telah dilakukan antara lain melakukan pembinaan terhadap para atlet, memberikan fasilitas yang diperlukan hingga tempat pelatihan atau pemusatan latihan.



Disamping usaha itu, pemerintah juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para atlet yang pernah mendulang prestasi membawa nama Riau di tingkat Nasional.
Upaya peningkatan mutu olahraga harus dimulai dari persiapan sumber daya atlet, fasilitas dan bonus untuk para atlet.

Ini dapat dilihat dari rangkaian kegiatan Hari Olahraga Nasional 2016, beberapa waktu lalu. Tidak tanggung-tanggung, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman adalah orang pertama yang memimpin upacara peringatan Haornas sekaligus penyerahan penghargaan.

" Mereka pantas mendapatkan penghargaan, karena sudah ambil bagian dalam mengharumkan nama Riau di tingkat nasional. Saya bangga dengan putra-putri Riau yang memiliki potensi sangat besar tentunya ini akan menjadi penyemangat atau motivasi bagi atlet yang ada saat ini," kata Gubernur Riau.

Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Riau terus melakukan perbaikan untuk peningkatan prestasi olahraga. Untuk merealisasikan apa yang telah diupayakan selama ini, pemprov Riau mengirim 506 kontingen dengan rincian 330 atlet, 95 pelatih, 30 manajer, 16 teknisi dan 21 official.  menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX yang digelar pada 17-29 September 2016 di Jawa Barat. Salah satu kebanggaan adalah ketika mereka yang lolos seleksi atlet murni putra-putri Riau.

" Ini adalah modal Riau dimana seluruh atlet murni putra-putri Riau. Jadikan ini ajang untuk meraih prestasi dan pengalaman bagi setiap atlet," ujar Andi dengan bangga.


Kontingen PON Riau saat Pembukaan
PON XIX Jawa Barat 2016,

Untuk perlaksanaan PON Jawa Barat 2016, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, Emrizal Pakis menyampaikan tentang kesiapan para atlet yang ada saat ini dalam kondisi prima dan ini sudah menjadi modal utama bagi Riau untuk bertarung dengan pesaing-pesaingnya termasuk kekuatan tuan rumah Jawa Barat.

"Jauh sebelumnya kita sudah persiapkan atlet-atlet yang tangguh kemudian mereka juga diberikan pembekalan termasuk dalam menjaga kebugaran sehingga pada saat pertandingan mereka dalam kondisi prima," tegas Emrizal.

Emrizal menambahkan bahwa, PON Jawa Barat adalah momen spesial bagi putra-putri Riau untuk mendulang prestasi. Semua atlet memiliki kesempatan besar untuk juara, menanamkan sportivitas, sungguh-sungguh dan mental tarung ketika berhadapan dengan pesaing dengan daerah lain.

Dalam sambutan acara pelepasan kontingen Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman berharap kepada kontingen untuk meningkatkan prestasi Riau lebih dari pada PON tahun 2012 yakni mendapat peringkat 6 besar.

''Dengan bermodalkan keseriusan dalam berlatih selama ini tentunya akan menjadi satu spirit dalam bertanding. Diharapkan keberangkatan ratusan atlet PON Riau ke negeri parahiyangan tersebut akan mampu membawa nama baik Riau sekaligus mengharumkannya, dengan meraih prestasi sebanyak mungkin, kata Andi Rachman, saat menyampaikan sambutannya, pada acara pelapasan kontingan PON Riau di halaman Kantor Gubernur Riau, Jumat (9/9/16).

Gubri juga mengharapkan agar atlet-atlet Riau dapat menciptakan sport sains. Dimana seorang atlet tidak hanya mencapai prestasi dengan fisiknya saja, namun bisa mendalami ilmu olahraga yang digelutinya.

''Kita ingin olahraga ini dapat memasyarakatkan masyarakat, dan bisa menciptakan sumber daya manusia yang handal dan sehat. Kalau sudah sehat akan banyak yang dilakukan untuk hal-hal positif meraih prestasi,'' harap Gubri.

Dalam perhelatan akbar PON Ke XIX Jabar tahun 2016 ini, kita harus optimis dapat beprestasi. ''PON Jabar minimum kita bisa mempertahankan dari prestasi sebelumnya pada PON Riau 2012 silam. Kalau tidak bisa ditingkatkan, paling tidak kita harap bisa masuk 10 besar. Informasi dari KONI, kesiapan akhir PON Jabar, 10 besar yang ditargekan KONI Riau,'' kata Gubri.

Meski demikian, Andi Rachman sapaan akrab Gubri, berharap apa yang disampaikan KONI itu target terendah, bukan target optimis. ''Mudar-mudahan target optimis yang disimpan KONI ini bisa tercapai,'' harapnya.

Istimanya PON kali ini, dimana atlet yang akan bertanding asli putra putri daerah Riau. Kita tidak ada lagi mengimpor atau mencari atlet dari daerah lain, semua murni dari Riau. Yang ada sebagian atlet kita diambil oleh daerah lain. Sebenarnya kita sudah menunjukan SDM kita pada MTQ kemarin di Lombok, yang 100 persen anak Riau.

Menurut Gubri, lebih baik anak Riau mendapat pengalaman di ajang nasional, daripada harus mengimpor atlet tapi anak-anak Riau tidak dapat apa-apa.



Pemprov Riau, katanya, siap mendayagunakan bibit lokal yang ada di daerah sehingga dukungan pendanaan juga telah disiapkan melalui APBD setempat. Bahkan pendanaan juga akan difasilitasinya untuk melibatkan perusahaan maupun pengusaha sebagai bapak angkat di masing-masing cabang olahraga (cabor).

Tujuan dari mencondongkan atlet lokal adalah untuk mendidik atlet-atlet potensial daerah guna dicetak menjadi duta olahraga, sehingga ke depan mampu mengharumkan nama daerah di berbagai kejuaraan tingkat nasional, kemudian mengangkat nama Indonesia di laga internasional.

Soal bonus, Gubri mengatakan pemerintah pasti akan memberikan. Apalagi para atlet telah berjuang membawa nama baik daerah di kanca nasional.

Gubri juga mengharapkan agar atlet-atlet Riau dapat menciptakan sport sains. Dimana seorang atlet tidak hanya mencapai prestasi dengan fisiknya saja, namun bisa mendalami ilmu olahraga yang digelutinya. "Dengan begitu, para atlet bisa menularkan kemampuannya ke lingkungan terdekatnya, seperti keluarga dan masyarakat. 

Kalau dia (Atlet) mengusai ilmu cabang renang, hendaknya tularkan dan latih masyarakat. Agar masyarakat bisa membudayakan hidup sehat," ujarnya

Selama ini, kata dia lagi, Pemprov Riau terus mendukung kemajuan olaharga, yakni selain dukungan APBD yang diberikan tiap tahunnya, dan terus melakukan pembibitan dan pembinaan olahraga berprestasi.

Berdasarkan laporan yang diterima pada tanggal 27 September 2017, Riau berada dalam urutan ketujuh dengan perolehan 65 medali, terdiri dari 16 emas, 25 perak, dan 24 perunggu. Hasil sementara ini menunjukan bahwa Riau sudah masuk dalam target 10 besar tingkat Nasional.(Adv/Pemprov Riau)



Editor : Tis/ADV/Humas
Kategori : Olahraga
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top