Jumat, 10 Mei 2024

Breaking News

  • Ribuan Warga Kampar Ramaikan Perayaan Bagholek Godang di Gelanggang Remaja Pekanbaru   ●   
  • Bupati Kasmarni Minta Kepala Perangkat Daerah Segera Tindaklanjuti Rekomendasi BPK   ●   
  • Kuat Dugaan Penggunaan Dana Desa Pangkalan Gondai Terindikasi Syarat KKN   ●   
  • Hadiri Pengukuhan Pengurus PWI Siak, Bupati Alfedri Harap Insan Pers dan Pemkab Dapat Bersinergi.   ●   
  • Diskominfo Diduga Tidak Transparan, Puluhan Massa Wartawan Berunjuk Rasa di Kantor Bupati Rohul   ●   
Pemdes Meskom Adakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas RT RW Tahun 2023
Jumat 03 November 2023, 18:39 WIB

Pemdes Meskom Adakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas RT RW Tahun 2023

RIAUMADANI. COM, BENGKALIS - Pemerintah Desa Meskom Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan RT dan RW, bertempat di aula kantor Desa Meskom.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatan pemahaman tentang tufoksi ketua RT dan RW ditengah masyarakat. Sebagai Ketua RT dan Ketua RW mempunyai tugas, fungsi dan kewenangan yang berat dan turut serta menjalankan roda pemerintahan di tingkat Desa.

Pj. Kades Meskom Hendra dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT dan RW ini sangat penting, karena untuk memperkuat tugas dan fungsi para ketua RT dan RW sebagai garda terdepan yang paling dekat serta bersentuhan langsung dengan masyarakat,"jelasnya

Hendra menambah kan, tugas dan fungsi RT/RW adalah untuk membantu Pemerintah Desa dalam urusan pemerintahan serta pelayanan terhadap masyarakat, antara lain untuk pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, mengembangkan inisiatif dan penggerak swadaya gotong royong untuk partisipasi masyarakat di wilayah kerja masing-masing," katanya

Adapun sebagai narasumber dari Dinas PMD Kabupaten Bengkalis yaitu Paisal Kasi Bidang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan (PLK) beserta Staf PMD dan Rustam staf pemerintahan Desa Meskom

Maksud dari Kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan dan kemampuan pengelolaan wilayah di tingkat RT dan RW. Tujuannya adalah agar RT dan RW dapat menjalankan perannya secara lebih efektif dalam mengatasi permasalahan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayahnya.

Beberapa tujuan konkrit dari peningkatan kapasitas RT dan RW antara lain:

1. Meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan manajerial kepala RT dan RW dalam mengelola wilayahnya. Hal ini meliputi keterampilan dalam mengorganisasi, mengambil keputusan, dan memimpin anggota masyarakat dalam menjalankan program-program Desa di tingkat RT dan RW.

2. Meningkatkan partisipasi dan keterlibatan masyarakat dalam menjalankan program-program Desa di wilayahnya, juga tentang cara-cara meningkatkan partisipasi masyarakat serta memperkuat keterkaitan antara ketua RT dan RW dengan masyarakatnya.

3. Mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah di wilayahnya,
Ketua RT dan RW memiliki peran penting dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat di wilayahnya dan mengambil tindakan untuk menyelesaikannya.

4. Meningkatkan koordinasi dengan pemerintah Desa yaitu koordinasi antara ketua RT dan RW dengan pemerintah desa. Hal ini dilakukan dengan memberikan pemahaman dan keterampilan kepada ketua RT dan RW tentang tugas dan fungsi pemerintah Desa, sehingga mereka dapat bekerja sama dalam memajukan wilayahnya.
(*Lif)




Editor : Tis
Kategori : Bengkalis
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top