Sabtu, 2 Maret 2024

Breaking News

  • Sangat Arogan! Oknum Satpol PP Ini Diduga Ancam Tembak Wartawan di Kuansing   ●   
  • Pemilu Usai, Kapolsek Rambah Hilir Tetap Laksanakan Cooling System   ●   
  • Sejumlah Ruas Jalan di Pekanbaru Akan Diambil alih Pemerintah Provinsi Riau   ●   
  • Pemkab Bengkalis Raih Juara I Stand Favorit, Di Pameran Jogja ITT Expo 2024   ●   
  • AKBP Asep Sujarwadi Terima Penghargaan Sebagai Tokoh Publik Pendukung Zakat Dalam Baznas Award 2024   ●   
Keutamaan Hari Jumat Bagi Umat Islam
Nabi Muhammad Bersabda:Tidak Ada Hari Yang Lebih Baik Dari Hari Jumat
Jumat 25 Agustus 2023, 06:59 WIB

RIAUMADANI. COM, PEKANBARU- Hari Jum'at adalah hari yang sangat penting bagi umat Islam. Karena hari Jumat memiliki keutamaan dibandingkan hari-hari lainnya dalam sepekan.

Dilansir di About Islam, Jumat adalah hari dimana umat Islam berkumpul untuk sholat Jumat berjamaah. Tepat sebelum sholat mereka mendengarkan ceramah untuk memberikan pemahaman tentang ketauhidan dan ajaran Islam.

Hari Jumat adalah hari yang diberkahi Allah SWT. Tidak ada hari lain dalam sepekan dengan keutamaan yang sama.

Seluruh hidup orang beriman adalah ibadah, bahkan perayaan pun dilakukan sebagai ibadah. Meskipun tidak ada tempat atau waktu khusus untuk beribadah kepada Allah, akan ada momen, hari, atau waktu yang Allah jadikan lebih utama, Jumat adalah salah satu waktunya.

Dari hadis Nabi Muhammad (saw) kita belajar bahwa: Hari yang paling baik di sisi Allah adalah hari Jumat, hari berkumpulnya umat Islam. (Al-Bayhaqi)

Keutamaan Hari Jumat

1. Sholat Jumat (wajib bagi laki-laki) adalah salah satu kewajiban yang paling ditekankan dalam Islam. Ini adalah saat ketika umat Islam berkumpul untuk menyembah Allah, dan menemukan kekuatan dan kenyamanan dengan berdiri bahu-membahu dan menegaskan kembali iman dan pengabdian mereka kepada-Nya.

Di banyak negara mayoritas muslim, hari Jumat adalah hari libur pekanan. Namun tidak ada kewajiban penutupan usaha kecuali pada waktu salat berjamaah.

Di negara-negara barat, banyak umat Islam yang mencoba mengambil waktu istirahat makan siang pada waktu salat, biasanya pada sore hari. Nabi Muhammad mengatakan kepada para pengikutnya bahwa, Sholat lima waktu, dari satu salat Jumat hingga salat Jumat berikutnya, merupakan penghapus dosa-dosa yang dilakukan di antara keduanya, asalkan tidak melakukan dosa besar. (Muslim)

Penting bagi seorang Muslim untuk tidak mengabaikan Sholat Jumat karena pekerjaan, studi, atau urusan duniawi lainnya. Hendaknya orang-orang mukmin menjadikan shalat ini sebagai prioritas, karena mengabaikannya tiga kali berturut-turut tanpa alasan yang sah akan menyebabkan orang mukmin tersesat dari jalan yang lurus.

Meskipun hanya laki-laki saja yang wajib mengikuti salat Jumat berjamaah, namun banyak pula amalan yang boleh dilakukan oleh laki-laki, perempuan, atau anak-anak pada hari tersebut. Amalan tersebut antara lain mandi dan memakai pakaian bersih, memanjatkan banyak doa kepada Tuhan, mengirimkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, dan membaca Surat Al Kahfi.

Nabi Muhammad bersabda:Tidak ada hari yang lebih baik dari hari Jumat. Di dalamnya ada saat di mana tidak ada seorang pun yang berdoa kepada Allah kecuali Allah mendengar doanya. (At-Tirmidzi)

Jumat terdiri dari dua belas jam, salah satunya adalah waktu dimana Allah mengabulkan doa bagi orang-orang yang beriman. Waktu ini dicari pada jam terakhir setelah Asar (sholat ketiga pada hari itu). (Abu Dawoud, Al-Nisa'i)

Barangsiapa membaca Al Kahfi (Surat 18 Alquran) pada Jumat, maka Allah akan memberinya cahaya pada hari Jumat berikutnya. (Al-Bayhaqi)

Hari terbaik saat matahari terbit adalah hari Jumat. Itu adalah hari dimana Adam diciptakan. Itu adalah hari ketika Adam memasuki Taman Surga, hari ketika dia diusir dari sana, dan juga hari wafatnya. Hari Jumat adalah hari dimana hari kiamat akan terjadi. (Muslim)

 2. Jumat juga merupakan hari diturunkannya salah satu ayat terbesar dalam Alquran.
Pada hari ini Aku telah menyempurnakan agamamu untukmu, menyempurnakan Nikmat-Ku kepadamu, dan telah memilih Islam sebagai agamamu. (Al-Ma'idah, ayat 3 )

Sebuah kisah dari kehidupan Khalifah kedua Umar, menggambarkan pentingnya hari Jumat. Seorang ulama dari kalangan Yahudi berkata kepada Umar bin Al-Khattab. Di dalam Al-Quran, kalian membaca sebuah ayat tertentu; andai saja ayat itu diturunkan kepada kami, niscaya kami akan merayakan hari itu setiap tahunnya.”

Umar bertanya:

“Ayat yang mana itu?”

Pria itu menjawab:

“Pada hari ini, Aku telah sempurnakan agamamu untukmu”.

Jumat adalah hari istimewa; melaksanakan sholat berjamaah pada hari ini mempunyai makna khusus dalam kehidupan seorang muslim. Cendekiawan Islam abad ketiga belas Ibnu Taimiyyah berkata:

“Hari yang paling utama dalam sepekan adalah hari Jumat menurut kesepakatan para ulama”, dan muridnya Ibnu-ul-Qayyim menyebutkan 32 ciri khusus hari Jumat dalam kitabnya Zad Al-Ma'ad.

Sesungguhnya inilah hari besar (hari perayaan) yang telah ditetapkan Allah bagi kaum muslimin. (Ibnu Majah)

Alangkah bijaknya bagi orang-orang beriman untuk memanfaatkan nikmat yang Allah turunkan kepada hamba-hamba-Nya di hari Jumat. Ini adalah hari berkumpul, hari perayaan dan hari muhasabah dan berdoa yang makbul. (*)





Editor : TIS
Kategori : Pendidikan
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top