Selasa, 25 Juni 2024

Breaking News

  • PABPDSI Kabupaten Bengkalis Gelar Audiensi Dengan Bupati Kasmarni   ●   
  • Hak Jawab Atas Pemberitaan Dugaan Kejahatan Pabrik PT. PHI   ●   
  • Humas PT PHI Bantah Adanya Pembagian Amplop Kepada Wartawan   ●   
  • Mahasiswa Rangsang Pesisir, Rangsang Barat dan Masyarakat Audensi Bersama PLN Selatpanjang   ●   
  • Wabup Husni Merza; Dengan Jalan Santai Sehatkan Badan dan Terjaga Silahturahmi Bersama   ●   
Tentukan IHK Sendiri, Pemkab Bengkalis Jalin Kerja Sama dengan BPS
Kamis 25 Mei 2023, 09:16 WIB

RIAUMADANI. COM, PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menjalin kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bengkalis.

Kerja sama dalam bentuk penentuan Indeks Harga Konsumen (IHK) sendiri. Sebab, selama ini untuk menentukan IHK masih berpedoman IHK Kota Dumai.

Dari Pemkab Bengkalis, penandatanganan dilakukan Plt Sekda, dr Ersan Saputra. Sedangkan BPS Bengkalis oleh Kepala BPS, Hari Prasetyo.

Acara digelar di Aula Hotel Jatra, Kota Pekanbaru, Rabu 24 Mei 2023.

Menurut Ersan, dengan memiliki IHK sendiri kedepannya menjadi salah satu indikator untuk mengukur tingkat inflasi atau deflasi di Negeri Junjungan.

Saat ini IHK dijadikan acuan karena dapat memperhitungkan perubahan rata-rata dari harga sebuah produk yang dikonsumsi dalam periode tertentu.

"Penentuan barang dan jasa dalam IHK sendiri dilakukan atas dasar survei biaya hidup (SBH) yang dilakukan BPS," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Pemkab Bengkalis menilai pentingnya kerja sama dengan BPS Bengkalis selaku instansi yang memiliki kewenangan dalam menetapkan IHK.

"Hal ini penting dilakukan guna mengetahui tingkat inflasi yang terjadi sehingga memudahkan dalam proses penentuan dan pengambilan kebijakan," jelas Ersan mengakhiri.

Penandatangan disaksikan sejumlah Pejabat Pemkab Bengkalis seperti Asisten Perekonomian dan Pembangunan Toharudin, Inspektur Radius Akima dan Kabag Perekonomian, Khairi Fahrizal.

Tampak hadir, Kepala Bappeda Rinto, Kadis Perkimtan Supardi, Kabag SDA Burhanuddin, Sekretaris PUPR Erdila Johan, Sekretaris BPKAD Firdaus dan Sekretaris Inspektorat Dedy Kurniawan. #DISKOMINFOTIK




Editor : TIS
Kategori : Bengkalis
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top