Rabu, 7 Desember 2022

Breaking News

  • Bupati Kayong Utara Kalbar Dukung Sultan Siak II Tengku Buwang Asmara di Usul Pahlawan Nasional   ●   
  • Bhayangkari Polsek Sungai Apit, Beri Bantuan Sembako ke Penderita Disabilitas   ●   
  • Ikuti Rakornas P2DD, Suhardiman Amby Ingin Kuansing Jadi Daerah Maju Dan Prioritas   ●   
  • 100 Pulau di Maluku Mau Dijual, Mendagri: Daripada Tak Digunakan Kosong Begitu Saja   ●   
  • Bupati Kasmarni Apresiasi Turnamen Sepakbola Desa Meskom Cup II   ●   
Gubri Syamsuar Resmikan Alun-Alun BumDes Tanjung Sawit Kampar
Sabtu 05 November 2022, 05:41 WIB

RIAU MADANI. COM. KAMPAR - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meresmikan alun-alun Tanjung Sawit. Di mana Alun-alun ini merupakan hasil kelola dari Badan usaha milik desa (Bumdes) Bintang Flamboyan.

Peresmian tersebut dilakukan di Jalan Flamboyan VII Desa Tanjung Sawit, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Jum at (04/11/2022) malam.

Gubri Syamsuar mengatakan, Desa Tanjung Sawit telah mengalami perkembangan yang sangat besar. Tentunya itu terjadi lantaran adanya program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk desa.

“Saya baru masuk tadi saja berpikir ini kota atau desa, artinya begitu besar perkembangan yang ada di desa ini dan sebenarnya itulah tujuan kita memberikan bantuan keuangan khusus kepada desa. Bantuan itu tentu agar terjadi percepatan pembangunan desa yang sekaligus dapat menggerakkan ekonomi pada desa itu,” kata Gubri Syamsuar.

Melihat kondisi yang ada, Gubri memberikan apresiasi terhadap kepala desa yang telah menggunakan bantuan keuangan khusus untuk  menggerakan ekonomi masyarakat sekitar.

“Alhamdulillah Pak Kades di sini berhasil menggerakkan ekonomi desa sehingga dana yang kami berikan itu tidak sia-sia. Baik melalui badan usaha milik desanya maupun juga masyarakat yang bergerak sebagai pelaku ekonomi,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan, sejak tahun 2019 hingga 2022 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp854 milyar untuk seluruh desa di Riau.

“Kami telah memberikan bantuan mulai tahun 2019 sampai sekarang, dan insyaallah tahun depan masih kami beri. Saat ini telah kita alokasikan untuk seluruh desa di Riau lebih kurang sebesar 854 miliyar rupiah. Tentunya ini bertujuan untuk kemajuan desanya. Tadi disampaikan indikator desa di sini maju dan Bumdes nya maju. Jadi kalau ini maju pasti akan dirasakan masyarakatnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Gubri berharap kedepannya pengembangan desa Tanjung Sawit terus berlanjut dan masyarakat mampu mendukung unit usaha yang dimiliki Bumdes Bintang Flamboyan.

“Karena itulah tentunya kami menyampaikan kepada masyarakat, ini harus didukung bersama-sama supaya akan timbul inovasi baru sehingga nantinya banyak kunjungan wisatawan ke desa ini,” harapnya.

Sebagai informasi, Desa Tanjung Sawit Kecamatan Tapung itu pernah mendapatkan peringkat satu desa terbaik di Kabupaten Kampar dan Provinsi Riau.

Kepala Desa Tanjung Sawit, Tu Bagus mengaku bangga, karena Gubernur Riau telah menyempatkan waktu untuk melakukan peresemian alun-alun. Menurutnya hal itu penghargaan bagi dirinya dan masyarakat Desa Tanjung Sawit.

"Aun-alun Tanjung Sawit telah beroperasi sejak Oktober tahun 2021. Sehingga saat ini banyak yang berjualan aneka kuliner dan menyediakan wahana mainan anak-anak disekitaran alun-alun yang di kelola oleh Bumdes dan hasilnya dimasukkan ke pendapatan asli desa," jelasnya.

Diungkapkan dia, tidak hanya mengelola alun-alun saja, namun Bumdes Bintang Flamboyan sudah memiliki empat unit usaha yang sudah berjalan. Yaitu, pertama unit simpan pinjam, unit pasar, unit transportasi, dan unit yang mengelola alun-alun Tanjung Sawit.

“Alhamdulillah, dianggaran pendapatan belanja desa di tahun 2022 pendapatan asli desa Tanjung Sawit sudah menyentuh angka 177 juta rupiah,” ungkapnya.

Tak ketinggalan, Bagus juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau yang telah mempunyai program unggulan seperti Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk desa.

“Kami menyampaikan terima kasih dengan program unggulan beliau yaitu bantuan keuangan khusus dari Pemerintah Provinsi Riau Tanjung Sawit tahun 2022 ini mendapatkan 190 juta rupiah, karena termasuk kategori Bumdes maju,” ujarnya.

“Ini sangat bermanfaat sekali karena kami bisa menambah permodalan untuk Bumdes Bintang Flamboyan.” pungkasnya. (**)




Editor : TIS
Kategori : Kampar
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top