Jumat, 29 Maret 2024

Breaking News

  • Plt Bupati Asmar Serahkan LKPD Tahun 2023 ke BPK RI Perwakilan Riau   ●   
  • Pemkab Meranti Peringati Nuzul Qur’an di Masjid Agung Darul Ulum Selat Panjang   ●   
  • Sekda Meranti Ajak Seluruh Pihak Serius dan Jaga Konsentrsi Laksanakan Percepatan Penurunan Stunting   ●   
  • REZITA MEYLANI YOPI, BUPATI INHU RESMIKAN SPKLU PERTAMA UNTUK MOBIL LISTRIK   ●   
  • Bea cukai Bengkalis Musnahkan 19.800 KG Buah Mangga Ilegal, Kerugian Negara Mencapai Ratusan Juta.   ●   
Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.
Gubri Syamsuar Bangga Desa Dayun Kabupaten Siak Raih Juara I, ADWI 2022
Sabtu 05 November 2022, 05:28 WIB
Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

RIAU MADANI. COM, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar turut berbangga atas prestasi Desa wisata Dayun, Kabupaten Siak. Desa Dayun menjadi juara 1 nasional dalam kategori kelembagaan di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Syamsuar yang pernah menjadi Bupati Siak menilai Desa Dayun menjadi kebanggaan Provinsi Riau. Sebab desa wisata ini unggul dari  3.419 desa wisata yang ikut ADWI 2022 dari 34 provinsi.

"Semoga keberhasilan ini dapat ditiru oleh desa wisata lainnya yang ada di Provinsi Riau. Prestasi ini sekaligus bisa menjadi pelecut untuk meningkatkan kunjungan wisatawan datang ke Riau," ujarnya seperti dikutip dari mediacenter.riau.go.id, Jumat (4/11/2022).

Gubri menyebut sektor pariwisata merupakan upaya untuk menggerakkan perekonomian daerah. Apalagi sektor ini sempat terpuruk dua tahun akibat pandemi Covid-19.

“Sebelumnya kita juga telah mendapat arahan dari bapak presiden. Salah satunya bagaimana mendorong sektor pariwisata. Hal itu bertujuan agar bisa menggerakkan pemulihan ekonomi nasional," sebutnya.

Ia mengajak Dinas Pariwisata di Riau bisa terus berinovasi dan lakukan terobosan agar pemulihan ekonomi bisa berjalan maksimal.

"Kepada seluruh kepala dinas pariwisata agar bisa membantu menggerakkan pemulihan ekonomi, supaya segera bangkit setelah dua tahun terdampak Covid," harap Syamsuar.

Dijelaskannya, sebelumnya Desa Dayung menjadi langganan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karhutla). Lalu, di kawasan itu dibangun embung untuk menampung air hujan agar pencegahan Karhutla.

Namun, setelah tidak terjadi lagi karhutla di kawasan tersebut, warga setempat berinisiatif menjadikan Kampung Dayun menjadi desa wisata.

“Kampung Dayun ini dahulunya sering sekali terjadinya kebakaran. Memang di sini sekelilingnya gambut. Apa lagi yang berdekatan dengan Danau Zamrud," ujarnya.

"Namun, saat ini telah menjadi desa wisata, tentunya ini atas dukungan dan perhatian pemerintah daerah dan unsur pentahelix. Sehingga setelah tidak ada kebakaran lahan, desa ini menjadi desa wisata,” imbuhnya.

Syamsuar mengungkapkan, pada tahun 2021 lalu, Desa Wisata Dayun telah meraih juara satu anugerah desa wisata tingkat Provinsi Riau. Sehingga menurutnya, wajar jika desa ini dapat menjadi desa tebaik di Indonesia.

“Tahun lalu kampung dayun ini merupakan desa wisata terbaik di Riau. Tim dewan juri dari Kementerian Pariwisata telah menilai, sehingga (Desa Wisata Dayun) menjadi desa terbaik Indonesia,” pungkasnya.

Desa Wisata Dayun atau yang lebih dikenal Kampung Dayun telah terbukti berhasil memikat wisatawan. Puluhan ribu wisatawan telah datang ke destinasi wisata di Kabupaten Siak, Riau itu.

Setiap harinya, terutama di akhir pekan, banyak wisatawan bahkan dari luar Kabupaten Siak datang berkunjung. Wisatawan bisa menikmati berbagai atraksi buatan yang dihadirkan. Mulai dari ragam atraksi outbound, wisata air, mural dayun, camping ground, juga flying fox.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi Riau, jumlah pengunjung Desa Wisata Dayun selama tahun 2022 tercatat 115.985 wisatawan.

Pada bulan Januari tercatat 14.519 wistawan, Februari 7.210 wisatawan, Maret 5.520 wisatawan, April 557 wisatawan, dan Mei 32.976 wisatawan. Selanjutnya, pada bulan Juni 2.617 wisatawan, Juli 1.763 wisatawan, Agustus 6.385 wisatawan, September 2.388 wisatawan, dan pada bulan Oktober 2.050 wisatawan. (*)




Editor : TIS
Kategori : Nasional
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top