Rabu, 7 Desember 2022

Breaking News

  • Bhayangkari Polsek Sungai Apit, Beri Bantuan Sembako ke Penderita Disabilitas   ●   
  • Ikuti Rakornas P2DD, Suhardiman Amby Ingin Kuansing Jadi Daerah Maju Dan Prioritas   ●   
  • 100 Pulau di Maluku Mau Dijual, Mendagri: Daripada Tak Digunakan Kosong Begitu Saja   ●   
  • Bupati Kasmarni Apresiasi Turnamen Sepakbola Desa Meskom Cup II   ●   
  • Pemprov Riau Terima DIPA 2023 Sebesar Rp30,71 Triliun, Berikut Rincian Untuk 12 Kabupaten/Kota   ●   
PANEN RAYA KEPENGHULUAN ROKAN BARU PESISIR
Gubri Syamsuar Bersama Danrem dan Kapolda Panen Raya Padi di Rohil
Selasa 18 Oktober 2022, 05:48 WIB
Gubri Syamsuar bersama Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung SAP dan Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal didampingi Bupati Rohil Afrizal Sintong di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir, Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rohil, Senin (17/1

Riau madani. com. PEKAITAN - Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi bersama Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung SAP dan Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal melaksanakan panen raya padi di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir, Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rohil, Senin (17/10/2022).

Panen raya yang didampingi Bupati Rohil Afrizal Sintong bersama Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH MTr (Han) itu ditandai dengan panen padi, pembagian paket sembako dari Pemkab Rohil, penyerahan bantuan bibit padi dari Pemprov Riau serta melakukan penebaran bibit benih ikan nila di kolam ikan yang ada di tengah sawah.
Panen raya ini merupakan salah satu program ketahanan pangan 1.000 hektare Korem 031 Wira Bima dan Dinas Pertanian se-Riau dalam rangka mengatasi kekurangan bahan pangan pokok seperti jagung, padi, nenas dan ubi.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengatakan, panen raya padi ratusan hektar yang merupakan binaan Kodim 0321 Rohil tersebut sangatlah luar biasa.

Bupati menerangkan, pelaksanaan panen raya padi di lahan ratusan hektare di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir ini sudah sering dilaksanakan.

Dimana katanya, lahan tersebut merupakan lahan beting hasil endapan lumpur dan sangat subur dijadikan lahan pertanian padi.

Sehingga, Bupati meminta kepada Gubernur Riau, Danrem dan Dinas Pertanian untuk bisa membantu baik dari segi peralatan pertanian, pupuk maupun infrastruktur agar hasil pertanian masyarakat semakin meningkat.

"Tentunya kami juga sangat berterimakasih kepada pak Dandim atas binaannya kepada kelompok tani kami yang ada di sini melalui para Babinsa sehingga para petani dapat berhasil," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengajak seluruh petani agar semakin semangat dalam mengelola pertanian khususnya padi. Sehingga, swasembada pangan dapat terpenuhi.

"Kami selaku pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan dalam pengembangan pertanian padi baik dalam segi bantuan peralatan, pupuk maupun bibit padi," terangnya.

Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung dalam sambutannya menyebutkan, sejak menjabat sebagai Danrem, dirinya langsung meluncurkan program ketahanan pangan 1.000 hektare di seluruh Riau dan yang paling besar berada di Kabupaten Rohil.

Program ketahanan pangan lanjutnya, terdiri dari berbagai jenis tanaman seperti jagung, nanas, padi dan berbagai tanaman lainnya.

Danrem menerangkan, sesuai dengan data yang diterima, panen raya padi di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir untuk tahap pertama ada seluas 40 hektare dengan hasil diharapkan mendapat 180 ton beras.

Kemudian panen raya kedua seluas 133 hektare dengan hasil 650 ton beras, panen raya ketiga di lahan seluas 350 hektare dengan hasil 1.500 ton beras.

"Sementara untuk panen raya keempat seluas 530 hektare yang akan kita laksanakan pada hari ini hasil perkiraan padinya sebanyak 2.200 ton," terangnya.

Dengan panen raya tersebut, Danrem menyampaikan ucapan terimakasih kepada 13 gabungan kelompok tani maupun pendamping Babinsa dari Kodim 0321 Rohil atas jerih payah mulai dari membuka lahan, menanam hingga pelaksanaan penen raya.

"Kerja keras seluruh kelompok tani dan pembinaan yang dilakukan Kodim 0321 Rohil ini tentunya secara langsung telah memberikan kontribusi kepada daerah provinsi riau khususnya kabupaten rokan hilir terhadap kebutuhan pangan, ini membanggakan," jelasnya.

Peran TNI katanya lagi, dalam tatanan pangan itu adalah wujud dari kemanunggalan TNI dengan rakyat di daerah dengan tujuan meningkatkan perekonomian sebagaimana kebijakan Presiden RI untuk menjaga perekonomian nasional agar tetap stabil.

Sementara itu, Gubernur Riau H Syamsuar dalam sambutannya mengatakan, persoalan bangsa pada saat ini adalah masih kekurangan pangan.

"Karena itulah pemerintah melalui bapak presiden kita menugaskan kepada kami baik kepala daerah, Kapolda, Danrem termasuk juga dari kejaksaan bagaimana mengatasi kekurangan pangan ini," sebutnya.

Selaku pemerintah sebut Gubri, saat ini terus mendorong seluruh unsur yang ada di kabupaten kota termasuk para petani dan juga pihak swasta agar terus mengembangkan ketahanan pangan yang merupakan persoalan nasional.

"Kami tentunya mengapresiasi kinerja Kodim 0321 Rohil ini bersama warga yang ada di sini, tentunya kerjasama yang baik inilah sehingga kita bisa panen hari ini. Harapan kami, mudah-mudahan panen raya ini hasilnya bisa lebih baik daripada yang sebelumnya," terangnya.

Gubernur menambahkan, pada tahun 2022 ini Pemprov Riau telah melaksanakan beberapa kegiatan di wilayah Kabupaten Rohil. Diantaranya, peningkatan produktivitas padi 200 hektare, ada peningkatan IP 800 hektare termasuk juga di Rokan Baru Pesisir.

Kemudian juga ada bantuan benih padi hibrida 1.900 hektare, rehab rehabilitasi jaringan irigasi tersier satu unit, pembangunan embung pertanian satu unit, optimalisasi lahan rawa 700 hektare dan berbagai kegiatan lainnya.

"Sekali lagi saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya semoga dengan hasil usaha-usaha kerja keras kita ini dapat mengatasi kekurangan pangan yang ada di daerah Rohil khususnya dan riau pada umumnya dan mudah-mudahan apa yang telah dihasilkan melalui para petani ini kiranya juga dapat ditingkatkan di masa yang akan datang," pungkasnya.

Penulis: Afrizal




Editor : TIS
Kategori : Rohil
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top