Jumat, 29 Maret 2024

Breaking News

  • Bawa Kabur Duit Desa Rp590 Juta ke Jabar, Mantan Kades Sitorajo Kari Zulhendri Ditangkap   ●   
  • Bupati Siak Alfedri Ajak Masyarakat Tingkatkan Ketakwaan melalui Gemar Berzakat   ●   
  • Plt Bupati Asmar Serahkan LKPD Tahun 2023 ke BPK RI Perwakilan Riau   ●   
  • Pemkab Meranti Peringati Nuzul Qur’an di Masjid Agung Darul Ulum Selat Panjang   ●   
  • Sekda Meranti Ajak Seluruh Pihak Serius dan Jaga Konsentrsi Laksanakan Percepatan Penurunan Stunting   ●   
Operasi Ketupat Lancang Kuning 2022
Polda Riau Terjunkan 3.083 Personel Amankan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2022,
Jumat 22 April 2022, 16:22 WIB

PEKANBARU – Untuk pengamanan dan kenyamanan warga menjelang, saat dan setelah merayakan Idul Fitri 1443 H, pihak Polda Riau mengerahkan 3.083 personil.

Pengerahan personil itu ditandai oleh prosesi Apel Gelar Operasi Ketupat Lancang Kuning 2022 di halaman kantor Gubernur Riau, jalan Sudirman Pekanbaru, Jumat pagi (22/4/2022).

Dalam arahan untuk anggotanya, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal memaparkan strategi penguatan dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19 pada saat dan sesudah.

Menurut dia, dalam menjalankan strategi dan upaya pengendalian dan antisipasi terhadap covid-19 dengan berbagai langkah di wilayahnya.

“Sebanyak 3.083 personel diturunkan (1.678 personel Polri dan 1.045 Personel instansi terkait termasuk TNI). Juga 57 pos kita siapkan terdiri dari 32 Pos Pengamanan, 20 Pos Pelayanan dan 5 Pos Terpadu yang ditempatkan diperbatasan yakni di Kampar, Kuansing, Inhil, Rohul dan Purna MTQ,” urai Iqbal.

“Kita harus masiv melakukan himbauan dan mengawasi kedisiplinan masyarakat agar tetap taat terhadap protokol kesehatan atau 3M,” lanjut Irjen Iqbal saat menyampaikan amanat Kapolri RI Listyo Sigit Prabowo.

Kapolda Riau juga mengajak seluruh stake holder terkait untuk mendorong pengelola tempat wisata agar dapat memastikan aplikasi PeduliLindungi terpasang dengan baik dan harus benar-benar digunakan.

“Jika terdapat pengunjung yang belum divaksin langsung diarahkan ke gerai-gerai vaksin terdekat. Jika terdapat pengunjung yang masuk kategori hitam, siapkan ruang isolasi sementara sebelum mendapatkan penanganan lebih lanjut,” ajaknya.

Selain itu, pihaknya menyebutkan bahwa penjagaan dan pengamanan terhadap pelaksanaan ibadah Idul Fitri di masjid-masjid maupun di lapangan juga harus dilakukan.

“Mengawasi terpenuhinya persyaratan perjalanan mudik pada berbagai moda transportasi agar masyarakat pengguna moda transportasi terlindung dari bahaya penularan Covid-19,” katanya lagi.

Di samping itu, imbuh Iqbal, laksanakan random check swab antigen kepada para pelaku perjalanan wajib dilakukan lengkap dengan menyiapkan pelayanan vaksinasi serta isolasi sementara di Pos Pelayanan yang telah disediakan.

Mantan Kadiv Humas Polri itu mengungkapkan pelaksanaan manajemen rekayasa lalu lintas, mulai dari contraflow, buka tutup gate tol, one way, ganjil-genap pada jalan tol maupun ruas jalan tertentu saat arus mudik/balik maupun jalan-jalan menuju tempatu wisata juga akan dilakukan. * (**)

 




Editor : Tis
Kategori : Pekanbaru
Untuk saran dan pemberian informasi kepada katariau.com, silakan kontak ke email: redaksi riaumadain.com
Komentar Anda
Berita Terkait
 
 
Copyrights © 2022 All Rights Reserved by Riaumadani.com
Scroll to top